Kamis, 18 Maret 2010

kode etik menggunakan chat

Chatting merupakan interaksi antara dua orang atau lebih dengan menggunakan sebuah media, tanpa melakukan tatap muka antar beberapa pihak yang sedang chatting….Akan tetapi sering kali orang yang chatting tidak mematuhi etika dari chat itu sendiri dan kadang lawan chat kita tidak merasa nyaman ketika chat, karna tidak memenuhi aturan dalam chatting. Sejauh ini ada beberapa fasilitas chatting yang mengawasi saat kita sedang chatting, ada beberapa etika yang harus diterapkan ketika chatting antara lain adalah :
a. Jujur
Dalam chatting usahakan untuk selelu berbicara jujur, dalam kehidupan nyata sekalipun jujur itu lebih baik, tidak ada pihak yang dirugikan ko kalau misalnya kita jujur, malahan sebaliknya kita akan dihargai oeh lawan chatt kita.
b. Misalnya kita chatting di YM, sebaiknya jangan isenk deh, dengan ng “BUZZ” temen chat. Bisa saja kan temen kita itu lagi ngak mahu diganggu oleh siapapun. Kalau misalnya kita tetep nge buzz bisa saja dia marah dan tidak mau chatt lagi tuk dikemudian hari.
c. Setiap mulai chatting tidak ada salahnya kamu menuliskan beberapa kata salam seperti..halo,selamat pagi,selamat siang,apa kabar..dijamin mereka akan senang mendengarnya. Ya sekedar say hello lah, kalau misalnya di balas berarti da respon buat lanjuting chatt.
d. Dunia maya sering kali kita tidak bersikap sopan karna dalam benak kita “bukan siapa siapa/ ngakk kenal”. Baik di kehidupan nyata maupun dunia maya,kita harus selalu bersikap sopan. Usahakan untuk selalu berbicara dan bersikap sopan.
e. Jangan pernah mengucapkan kata kata kotor, karena semua orang pasti tidak suka hal yang demikian jadi harus dihindari sebaik mungkin.
f. Jangan pernah membicarakan hal-hal yang berbau SARA(Suku, Agama, dan Ras) karena hal ini sangat sensitive, dan memungkinkan lawan chatting kita tersinggung, ngakk mau kan Cuma gara-gara itu kita jadi di jauhin/ dihindari oleh lawan chat kita.
g. Membahas topik sesuai dengan room. Pasti setiap room membicarakan sesuai dengan roomnya jangan sekali-sekali kita beralih ke topic yang lain. Kalau misalnya kita ingin membicarakan topic tersebit yam au ngak mau kita harus ganti Room. Jika memang kita berada di room social, jangan terus membahas topik bisnis. Hal ini tentu saja mengganggu para pengguna lain.
h. Jangan meminta data-data privasi orang lain, seperti e-mail, telepon, alamat dll.
i. Tidak memaksakan jawaban kita kepada orang lain. Kita memang berhak bertanya pada pengguna lain, namun mereka pun tidak punya kewajiban untuk menjawab. Kadang kita tidak sabar dalam menunggu jawaban dari teman kita.

Sampai disini dulu saya bagikan tentang etika dalam chatting, harapannya mudah mudahan bermanfaat. Trimakasih……..
Sumber:
http://nurdiana.web.id/mengenal-beberapa-etika-dalam-chatroom
http://andi-and1godwar.blogspot.com/2009/01/etika-dalam-chatting.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Previous Post Next Post Back to Top