Rabu, 10 Maret 2010

Kode Etik Menggunakan Handphone

Handpone pada saat ini bukan barang yang mahal lagi, menurut saya setiap rumah pasti punya handphone satu bahkan setiap anggota keluarga masing-masing mempunyai handphone. Perkembangan handphone sangat pesat, bahkan dalam satu bulan az ada banyak produk-produk handphone yang muncul dari berbagai merek, dari yang harga murah hingga yang mahal.
Fitur – fitur yang ditawarkan juga tidak kalah saing dengan produk yang berbeda. Saling menyaingi antara berbagai produk yang dihasilkan. Jadi tergantung kita milih yang terbaik sesuai dengan keinginan kita atau si pengguna handphone. Banyak keuntungan yang kita dapatkan dengan penggunaan handphone ini yakni sebagai alat komunikasi yang menjangkau seluruh dunia, sumber informasi, berkirim e-mail, hingga hiburan.
Dengan beragamnya handphone, penggunanya juga semakin banyak dan menjangkau seluruh dunia bahkan tempat-tempat terpencil sekalipun, namun siapa sangka dibalik kemudahan berkomunikasi tersebut kita tidak menyadari etika dari penggunaan handphone itu sendiri.. apakan sudah benar atau tidak. Dibawah ini akan saya bagikan informasi tentang etika penggunaan handphone yang mungkin masih sering dilanggar oleh penggunanya bahkan saya sendiri mungkin pernah melanggar etika penggunaan handphone tersebut:
1. Menerima telpon di tempat yang dilarang, maksud saya kadang pengguna handphone seenak hati az menerima telpon dari orang yang menelpon ke handphonenya padahal saat itu lagi di ruang rapat. Saya pribadi pernah melakukan hal yang sama di lingkungan kampus.
2. Berbicara Terlalu Keras, sebaiknya berbicara lewat handphone tidak perlu mengeluarkan suara yang kencang karna hal ini akan mengganggu orang lain yang berada di sekitar kita.
3. Secara Kasar Memotong Pembicaraan orang lain, menurut saya memotong pembicaraan orang itu tidak baik, karna mungkin saja lawan bicara kita salah paham kalau misalnya pembicaraannya kta potong.
4. Handphone berdering pada saat kita lagi di ruang rapat, bioskop, dan perpustakaan. Sebaiknya ketika kita berada di 3 tempat ini handphone tidak seharusnya bordering soalnya dapat mengurangi konsentrasi dan minat membaca bagi orang yang berada di perpustakaan. Sama halnya dengan di bioskop, orang lagi asyik-asyik nya nonton tiba-tiba handphone berdering ngakk etis bangat kayanya. Pokoknya mengganggu orang lain dech…!
5. SMSan, sebenarnya sih tidak begitu fatal, namun bila kita lagi mengemudi mobil/ motor hal ini dapat berakibat fatal. Misalnya kita lasi asyik ngetik-ngetik sms tiba-tiba kita menambrak orang yang ada di depan kita, masalahnya kan bisa panjang…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Previous Post Next Post Back to Top