Kamis, 11 Maret 2010

pentingnya berinvestasi untuk masa depan

Untuk pengenalan mengenai investasi ini terlebih dahulu saya membahas mengenai defenisi dari investasi itu sendiri biar ngakk salah kaprah… menurut sumber yang saya browsing di google investasi itu didefinisikan sebagai komitmen atas sejumlah dana atau sumber daya lain yang dilakukan saat ini dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa datang. Tujuan dari investasi itu sendiri adalah meningkatkan kesejahteraan investor (kesejahteraan moneter).
Macam-Macam bentuk investasi :
1. Investasi pada asset riil (Real Assets) misalnya : tanah, emas, mesin, bangunan dll.
2. Investasi pada asset finansial (financial assets):
a.Investasi di pasar uang : deposito, sertifikat BI, dll
b.Investasi di pasar modal : saham, obligasi, dll

Investasi menjadi sangat penting, mungkin bagi sebagian orang tidak menyadari betapa pentingnya berinvestasi di usia remaja, mengapa saya katakana demikian, alasan saya cukup sederhana yaitu dengan berinvestasi di usia produktif atau dewasa kita bisa mendapatkan hasilnya dimasa yang akan datang. Akan tetapi kita harus bisa menempatkan situasi jangan sampai tergiur oleh janji-janji yang tidak pasti. Kita sebagai individu juga harus memahami konsep dasar investasi. Jadi jangan sampai salah dan tergiur oleh janji yang memerikan keuntungan besar namun pada akhirnya kita tidak pernah mendapatkan hasil dari yang dijanjikan. Untuk lebih memahami konsep investasi tersebut berikut ini akan saya informasikan agar tidak terjadi kesalahan dan kita tahu/ kita bisa memutuskan sendiri mana investasi yang menurut kita baik.
1. keuntungan investasi. kita harus dapat membandingkan investasi satu dengan yang lain. Tapi ingat hanya fokus terhadap keuntungan saja tidak cukup.
2. risiko investasi. Dimana mana pasti ada resiko, dalam berinvertasi juga tidak jauh beda ada banyak resiko yang harus ditanggung, jadi tergantung kita yang menggunakannya.
3. struktur portofolio atau diversifikasi. kita harus bisa menempatkan semua dana yang kita miliki hanya dalam satu jenis aset saja. Karena bila terjadi kerugian, kita mengalami kerugian besar juga. (mengurangi risiko portofolio dengan menambahkan jenis aset lain yang berprilaku berbeda dengan aset yang dimiliki.

Saya belajar dari orang tua, menginvestasi saham untuk modal anak anaknya dimasa depan. Menurut orang tua saya pendidikan merupakan hal yang paling utama, dan kalau bisa mereka berkeinginan semua anak-anaknya berpendidikan yang lebih tinggi daripada mereka. Saya berterimakasih kepada orang tua saya karna berkat mereka saya bisa duduk di bangku kuliah. Saya diajarkan untuk berinvestasi dari hal-hal yang kecil dulu, dalam artian jumlahnya tidak terlalu tinggi. Prinsip saya perbanyak belajar, dengan begitu kita sudah berinvestasi untuk masa depan kita. Tetep smangat yach…..cukup sampai disini yang bisa saya bagikan…

Referensi:
http://blog.keuanganpribadi.com/memahami-pentingnya-konsep-dasar-investasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Previous Post Next Post Back to Top